Tahun ini, PBB mengusung tema ‘Unleashing the power of gender equality: Uplifting the voices of women and girls to unlock our world’s infinite possibilities‘ yang berarti ‘Melepaskan kekuatan kesetaraan gender: mengangkat suara perempuan dan anak untuk membuka kesempatan tak terbatas di dunia kita’ untuk Hari Populasi Sedunia 2023.

Tema ini diusung dengan tujuan meningkatkan pemberdayaan perempuan dan anak yang masih sering mengalami diskriminasi di masyarakat. Banyak negara masih mengabaikan hak-hak perempuan dan anak dalam membuat kebijakan soal kependudukan.

Hari Populasi Sedunia itu sendiri diperingati sebagai upaya untuk memastikan akses global terhadap pendidikan, perawatan kesehatan, perumahan, makanan, energi dan lain sebagainya. Hari Populasi Sedunia atau World Population Day diperingati pada 11 Juli di setiap tahunnya. Hari Populasi Sedunia menggarisbawahi pentingnya pemahaman yang baik tentang pertumbuhan populasi dan dampaknya terhadap pembangunan berkelanjutan, kesejahteraan masyarakat, serta lingkungan hidup.

SELAMAT HARI POPULASI SEDUNIA