Berdirinya Perpustakaan Universitas Internasional Batam tidak terlepas dari sejarah berdirinya Universitas Internasioanl Batam (UIB), karena perpustakaan di dirikan bertepatan dengan berdirinya universitas yaitu pada tahun 2004.

Awal berdiri, perpustakaan menempati gedung A lantai 3 dan 4. Kemudian pada tahun 2017, perpustakaan pindah pada gedung B lantai 6.

SK Rektor Nomor 053/R/KEB-UIB/X/2004, menetapkan bahwa mulai 29 Oktober 2004 perpustakaan menjadi lembaga tersendiri yang statusnya langsung di bawah Wakil Rektor II dan dipimpin oleh seorang Kepala Perpustakaan.

Perpustakaan UIB mempunyai beberapa layanan diantaranya layanan sirkulasi, yang merupakan tempat anggota perpustakaan dapat meminjam dan mengembalikan koleksi. Kemudian ada layanan referensi, layanan penggunaan komputer, layanan ruang diskusi, bookstore, layanan penelurusran informasi referensi serta layanan pelatihan pengguna.

Fasilitas yang dimiliki Perpustakaan Universitas Internasional terdiri dari Ruang Sirkulasi, Ruang Koleksi, Ruang Diskusi, Ruang Referensi, Ruang Komputer, Ruang Baca, Ruang Lesehan, dan Ruang BI corner.