Menindaklanjuti Surat Edaran Rektor Nomor 005/REK/SKL-UIB/III/2020 tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan UIB, dan Ketentuan Pencegahan Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Lingkungan Kampus UIB Nomor 004/SKL-UIB/III/2020, beberapa layanan UPT. Perpustakaan diubah metodenya menjadi layanan tanpa tatap muka. Pengubahan metode ini dimaksudkan mendukung gerakan pemerintah untuk mencegah penularan virus corona. Penggunaan fasilitas dan akses fisik ke perpustakaan sementara waktu ditutup untuk mahasiswa dan pengunjung luar.

Untuk menjamin kelancaran dan kemudahan dalam pemberian layanan, pemustaka diharapkan dapat mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dalam panduan ini. Jika ada pertanyaan dapat menghubungi melalui media LINE (https://lin.ee/AmRfnbl) pada jam 09.00 – 16.45.

Gabung Akun Line Perpustakaan

Panduan Versi PDF

JENIS LAYANAN

Jenis layanan yang semula dilakukan dengan tatap muka diubah menjadi tanpa tatap muka selama masa pandemik antara lain:

  • Layanan Cek Similarity Karya Ilmiah
  • Layanan Sirkulasi (Peminjaman, Pengembalian dan Perpanjang Peminjaman)

Sedangkan untuk layanan online yang semula sudah tersedia seperti layanan unggah repository, layanan referensi online repository (koleksi skripsi, KP (Kerja Praktek), dan Tesis) tetap berjalan dan akan ditingkatkan kemudahan dan kelengkapannya.

 

LAYANAN CEK SIMILARITY KARYA ILMIAH

Layanan ini disediakan untuk civitas akademika UIB (Dosen dan Mahasiswa) untuk pengecekan tingkat similarity karya ilmiah yang sedang dikerjakan. Pengecekan dokumen dilakukan menggunakan Turnitin. Jenis karya ilmiah yang dapat dilayani antara lain:

  1. Laporan Kerja Praktek (Pra sidang dan pasca sidang)
  2. Laporan Skripsi (Pra sidang dan pasca sidang)
  3. Laporan Tesis (Pra sidang dan pasca sidang)
  4. Artikel ilmiah Dosen (keperluan pengurusan Jafung)
  5. Artikel ilmiah Dosen (keperluan pra publikasi jurnal diluar internal UIB)
  6. Proposal penelitian Dosen
  7. Laporan penelitian Dosen
  8. Tugas Mahasiswa
  9. Dst.

Untuk jenis dokumen seperti Tugas UTS, Tugas mata kuliah, artikel mahasiswa dan dokumen lain sejenis pengecekan dapat dilakukan secara mandiri menggunakan perangkat lunak pengecekan online seperti dibawah ini atau sesuai ketentuan pemberi tugas.

  1. Plagiarism checker X (https://plagiarismcheckerx.com/online-plagiarism)
  2. Grammarly Plagiarism Checker (https://www.grammarly.com/plagiarism-checker)
  3. Viper (https://www.scanmyessay.com/)

Sebelum menggunakan layanan ini pastikan bahwa anda telah:

  1. Melakukan cek mandiri menggunakan tools serupa dengan hasil tingkat similarity sebesar <=24%.
  2. Mengecek tidak ada typo pada karya ilmiah anda. Typo disengaja akan mengakibatkan blacklist, dan dicatat sebagai pelanggaran akademik.
  3. Setuju untuk mengikuti proses dan melakukan perbaikan sesuai yang diminta oleh petugas.

Pengajuan layanan dapat dilakukan dengan mengisi formulir di eservice Perpustakaan di laman http://eservice.uib.ac.id/kb/layanan-cek-similarity-karya-ilmiah/. Pengajuan akan diproses 1×24 jam setelah dokumen kami terima. Hasil pengecekan akan dikirimkan ke email pemohon.

 

LAYANAN SIRKULASI

Perpustakaan akan terus menerus meningkatkan layanan koleksi dalam bentuk elektronik yang dapat diakses oleh pemustaka. Peminjaman dan pengembalian buku dapat dilakukan di Pos Utama Security mengikuti jadwal pick and drop.

Pemustaka diharapkan lebih banyak mengakses sumber-sumber referensi elektronik yang relevan seperti berikut:

  1. Laporan KP, Skripsi, Tesis dan artikel dosen (http://repository.uib.ac.id/)
  2. Ebook Springer (https://link.springer.com/search?showAll=false&facet-content-type=%22Book%22). Informasi login akan diberikan melalui akun membership.
  3. Jurnal UIB (http://journal.uib.ac.id/)
  4. Sumber referensi lain bisa diakses melalui laman http://library.uib.ac.id