Pandemik Covid-19 tidak menyurutkan Perpustakaan UIB untuk terus memberikan layanan terbaiknya untuk para pengguna terutama layanan edukasi. Pada masa wabah ini mahasiswa diharuskan untuk tetap di rumah dan belajar dari rumah. Kegiatan perkuliahan dan pengerjaan tugas akhir juga dilakukan di rumah selama masa pandemik. Untuk dapat mendukung kebutuhan mahasiswa tersebut, Perpustakaan UIB menyelenggarakan pelatihan literasi secara online.

Pelatihan ini terdiri dari Pelatihan Reference Searching yang dipandu oleh Kak Herlina Wati Gultom, S.Sos dan Pelatihan Refernce Manager (Mendeley) yang dipandu oleh Kak Rahmadini, S. I. Pus. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tangga 20-21 Mei 2020 dengan jumlah peserta Pelatihan Reference Searching sebanyak 106 mahasiswa, dan Pelatihan Reference Manager sebanyak 103 mahasiswa dari berbagai Program Studi di UIB.

Pada Pelatihan Reference Searching peserta akan dilatih untuk mencari sumber referensi dalam bentuk artikel ilmiah dari berbagai sumber yang relevan dengan bidang keilmuan masing-masing. Materi yang disampaikan meliputi:

  1. Pengertian sumber referensi ilmiah dan jenisnya
  2. Bagaimana sumber referensi ilmiah yang baik itu?
  3. Penelusuran artikel jurnal ilmiah menggunakan Basic Search dan Advanced Search pada jurnal Emerald, ProQuest, Gale, DOAJ, Garuda, dan beberapa database jurnal free lainn
  4. Penelusuran sumber referensi jenis lain seperti laporan penelitian (repository), ebook,
  5. Penggunaan fitur search engine jurnal seperti Download, Save, Email, Pencetakan, Metadata
  6. Pendaftaran akses Jurnal di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Sedangkan pada Pelatihan Reference Manager peserta dilatih untuk menggunakan perangkat lunak pengelola referensi dalam penyusunan laporan penelitian atau laporan karya ilmiah akhir perserta. Materi pelatihan ini meliputi:

  1. Pengantar Plagiarisme
  2. Format/Style Sitasi disesuaikan dengan ketentuan fakultas masing-masing.
  3. Pendaftaran akun dan instalasi Mendeley
  4. Organisasi file berbagai sumber referensi (menambahkan, menghapus, edit detail, dan sinkronisasi)
  5. Menambahkan sumber kutipan pada laporan
  6. Menambahkan Daftar Pustaka otomatis

Harapannya pelatihan ini dapat membantu mahasiswa dalam pengerjaan karya ilmiahnya masing-masing, dan kita semua berharap semoga wabah ini segera berakhir.