Perpustakaan Universitas Internasional Batam melakukan pembinaan terhadap Perpustakaan Desa Sembulang pada Jumat, 19 & 26 Maret. Kegiatan dilakukan dengan melibatkan para pemuda-pemudi desa yang ada di Sembulang. Tujuan diadakannya pembinaan yaitu guna membenahi perpustakaan yang belum terkelola secara maksimal. Sehingga, perlu dilakukan manajemen perpustakaan agar perpustakaan dapat berjalan secara maksimal. Selain itu, kegiatan ini dilakukan demi mendukung Perpustakaan Desa Sembulang yang akan mengikuti lomba perpustakaan desa tingkat provinsi.

Selain perpustakaan yang ikut aktif dalam proses pembinaan, kegiatan ini juga bekerjasama dengan program studi Pariwisata dan Magister Hukum Universitas Internasional Batam. Selama kegiatan, pemuda-pemudi dan pengurus perpustakaan mengikuti pelatihan manajemen perpustakaan secara aktif.

Manajemen perpustakaan yang dikenalkan kepada pengurus perpustakaan yaitu berupa klasifikasi koleksi, pengolahan koleksi, pembuatan sistem otomasi perpustakaan, shelving koleksi dan cara memaksimalkan layanan yang ada di perpustakaan. Melalui kegiatan pembinaan yang telah dilakukan, perpustakaan desa Sembulang dapat melakukan pembenahan secara berkelanjutan.