Menindaklanjuti Surat Edaran Rektor Nomor 005/REK/SKL-UIB/III/2020 tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan UIB, dan Ketentuan Pencegahan Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Lingkungan Kampus UIB Nomor 004/SKL-UIB/III/2020, Menyikapi kondisi tersebut selama masa pandemik untuk sementara layanan terima sumbang buku akan dilakukan dengan prosedur layanan online yang telah ditetapkan.

Sesuai Pasal 7 tentang Bebas Pustaka yang tertuang dalam Tata Tertib Perpustakaan tahun 2015, Calon Wisudawan yang dimaksudkan yaitu Mahasiswa Program Sarjana maupun Program Pascasarjana yang telah menyelesaikan studi (lulus) dan akan mengikuti wisuda akan mendapatkan Surat Keterangan Bebas Pustaka dengan syarat:

  1. Calon Wisudawan diwajibkan menyerahkan karya ilmiah berupa hardcopy dan softcopy Laporan Skripsi (S1), Thesis (S2) ke UPT. Perpustakaan UIB.
  2. Calon Wisudawan wajib melakukan upload mandiri karya ilmiahnya (Skripsi, Thesis) masing-masing ke repository UIB, dengan menggunakan format yang telah ditentukan
  3. Calon Wisudawan wajib menyelesaikan tanggungan berupa pinjaman, denda keterlambatan, dan lainnya di Perpustakaan bila ada.
  4. Telah melakukan sumbang buku di Biro Keuangan/Finance UIB

Syarat-syarat diatas diberlakukan wajib bagi setiap calon wisudawan.

Dalam rangka memperkaya koleksi buku di rak Perpustakaan UIB sehingga dapat dimanfaatkan civitas aktif maka berkaitan dengan poin 4 mengenai sumbang buku tersebut wajib diselesaikan bagi Calon Wisudawan. Untuk memudahkan, maka Universitas Internasional Batam menerima donasi tersebut dalam bentuk dana/uang yang telah ditentukan yang nantinya akan dibelikan buku-buku sebagaimana tersebut.

Berikut adalah proses pemilihan judul buku dan penerbitan lembar Bebas Pustaka:

1. Calon wisudawan menentukan buku yang akan dibeli dari daftar buku yang tersedia di sini.

2. Ketentuan: Total sumbangan minimum Rp100.000 (Sarjana) per calon wisudawan :

  • Bila ingin membeli buku dengan harga per buku di bawah Rp100.000, harus membeli lebih dari 1 (satu) buku sampai total harga pembelian mencapai minimum Rp100.000. Lihat contoh pada link di bawah.
  • Bila ingin membeli 1 (satu) atau lebih dari 1 (satu) buku dengan total harga Rp200.000 – Rp299.000, dapat dilakukan oleh 2 (dua) orang calon wisudawan. Lihat contoh pada link di bawah.
  • Bila ingin membeli 1 (satu) atau lebih dari 1 (satu) buku dengan total harga Rp300.000 – Rp399.000, dapat dilakukan oleh 3 (tiga) orang calon wisudawan.
  • Demikian seterusnya. Contoh a, Contoh b.

3. Calon wisudawan dapat melakukan pembayaran via transfer ke rekening: Bank CIMB Niaga atas nama YMTI/Universitas Internasional Batam, nomor rekening 8000.8041.6800.

4. Segera setelah melakukan transfer, calon wisudawan wajib meminta bukti pembayaran berupa kuitansi/ROP di biro Keuangan. Bukti transfer dikirimkan via form berikut http://bit.do/sumbanganbukuuib

5. Untuk hasil konfirmasi pembayaran bisa dilihat di akun membership perpustakaan masing-masing pada menu Bebas Pustaka. (http://member.library.uib.ac.id/). Data akan diupdate maksimal 1×24 jam setelah konfirmasi pembayaran.

6. Selesai.

Kami mengucapkan Terima Kasih kepada Anda yang telah menyelesaikan Bebas Pustaka sesuai peraturan dan tata tertib yang berlaku dan Selamat kepada calon wisudawan yang telah sukses menyelesaikan studi di Universitas Internasional Batam.