P2K2 Perpustakaan 2019-2010 10-12 Agustus 2019

Kegiatan pengenalan perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar mahasiswa baru dalam mengenal semua kebijakan, fasilitas, layanan dan koleksi yang ada di Perpustakaan UIB. Pengenalan Perpustakaan ini dilakukan dalam 2 konsep kegiatan yakni Library tour & pemaran seputar literasi informasi di Perpustakaan. Mereka pertama kali di perkenalkan tentang aturan perpustakaan yakni jam buka, etika masuk perpustakaan, pengambilan kunci loker, cara masuk lewat gate dengan KTM, cara peminjaman buku, pengenalan koleksi, ruang referensi, discussion room, layanan turnitin dan fasilitas lainnya yang bisa digunakan di Perpustakaan.

Mereka menerima berbagai informasi tentang perpustakaan yang disampaikan oleh pustakawan. Mereka juga diajarkan bagaimana mencari buku dan mengolah berbagai informasi dari berbagai media yang tersedia di perpustakaan seperti e-journal, e-book, UIB Collection’s, UIB Repository, list of journal dan online bookstore sehingga memudahkan mahasiswa baru dalam menemukan sumber informasi yang akan mereka gunakan untuk menyelesaikan tugas, menambah wawasan, atau sebagai sumber rujukan penelitian.

Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2019 dan akan berakhir pada tanggal 12 Agustus 2019. Sejauh ini, baru ada 9 prodi yang telah ikut program pengenalan perpustakaan dari semua prodi yang ada di UIB. Jumlah mahasiswa yang telah ikut bimbingan berjumlah 1200 orang.

Daniella Natasha, salah seorang mahasiswa baru dari prodi Hukum yang telah mengikuti program pengenalan perpustakaan mengatakan, fasilitas yang ada di perpustakaan sudah cukup memadai. Namun hanya saja UIB perlu lagi menambah buku-buku yang terbaru serta fasilitas penunjang lainnya. Adanya pengenalan perpustakaan ini menurut Daniella sangat bagus sekali karena dia dapat mengenal semua fasilitas, layanan yang ada di Perpustakaan UIB serta dia mendapatkan pengetahuan tentang cara penelusuran informasi yang sangat mudah dan cepat di Perpustakaan. “Kegiatan ini sangat bagus sekali dan bermanfaat, setelah saya ikuti saya jadi paham akan semua fasilitas yang ada di UIB, terlebih pemandunya juga sangat bagus dan ramah dalam penyampain termasuk materi yang disampaikan atau dikenalkan juga sangat bermanfaat untuk saya ke depannya jika butuh sumber informasi yang cepat, tepat dan mudah ditemukan di Perpustakaan.”

Well selain pengenalan pada mahasiswa baru, Perpustakaan UIB juga mengadakan sesi literasi informasi yang dapat diikuti oleh mahasiswa baru UIB. Diakhir sesi pemateri langsung mengadakan evaluasi pengenalan mahasiswa baru yakni mereka dibubuhi beberapa pertanyaan untuk di jawab agar disesi tersebut semua  mahasiswa baru bisa lolos dalam pengenalan perpustakaan kemudian diberikan stempel pada masing-masing laporan. Ada hal yang gak kalah seru juga looh setiap sesi yang berjumlah 2 klauter mahasiswa ini di mana setiap 1 klauter tediri dari lebih kurang 100- 140 mahasiswa, meraka juga diajarkan tentang rasa kerjasama, saling mengingatkan dan peduli teman. Adanya pendekatan dari pustakawan yang dilakukan kepada mahasiwa baru  bertujuan merubah stereotype pustakawan jaman old ke pustakawan jaman now (friendly) sebutan mahasiswa baru untuk pustakawan UIB saat ini.

Secara keseluruhan acara kegiatan pengenalan ini selain menjelaskan atau mengenalkan bahwa perpustakaan UIB sebagai tempat belajar, tempat rekreasi mahasiswa dengan beberapa space dan layanan yang tersedia, mencari referensi, dan memperdalam ilmu pengetahuan, Perpustakaan UIB  juga memiliki banyak jenis koleksi lain, di antaranya fiksi untuk material sciences, database jurnal elektronik, bahan cetak untuk koleksi digital seperti CD-ROM, CD, VCD, dan DVD, kumpulan serial harian publikasi seperti koran, juga serial bulanan seperti majalah. Nahh bagi masyarakat umum juga dapat berkunjung ke Perpustakaan UIB dengan mengikuti persyaratan yang berlaku namun hanya bisa untuk membaca kioleksi akan tetapi belum bisa untuk meminjam koleksi atau menggunakan fasilitas yang ada di Perpustakaan UIB. [FH]

Design [AY]